Memakan Sembelihan Orang Kafir


Memakan sembelihan orang kafir

Pertanyaan :

Kami kadang-kadang terpaksa harus makan diluar kos tempat tinggal, yaitui disalah satu restoran amerika cepat saji. Semua makanan disitu adalah daging ayam dan sapi. Kami tidak tahu bagaimana hewan itu disembelih, apakah dengan cara setrum, ditembak, dicekik dan disembelih dengan tidak menyebut nama Allah. Apakah boleh bagi kita untuk memakannya ?

Jawaban :

Kami ingatkan agar tidak makan daging syubhat ( yang diragukan), boleh jadi tidak halal. Perusahaan tersebut menyemblih hewan dengan cara memotong, sengatan listrik atau dicelup kedalam air panas dan kebanyakan tidak menyebut nama Allah, karena mereka tidak mengakui adanya keharusan menyeb ut nama Allah.

Ÿwur (#qè=à2ù’s? $£JÏB óOs9 ̍x.õ‹ãƒ ÞOó™$# «!$# Ïmø‹n=tã ¼çm¯RÎ)ur ×,ó¡Ïÿs9 3

“dan janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya. Sesungguhnya perbuatan yang semacam itu adalah suatu kefasikan. (QS. Al An’am : 121)

Allah membolehkan kita memakan semb elihan ahlu kitab, karena dahulu mereka menyeb ut nama Allah ketika menyemblihnya dan mereka lakukan dengan pisau hingga darahnya habis tuntas melalui tempat penyemblihan. Demikian dahulu kebiasaan mereka yang masih memegang teguh ajaran agamanya.

Sedangkan pada abad-abad sekarang ini mereka sudah tidak mengetahui ajaran agamanya karena kitab sucinya banyak perubahan, maka seperti orang-orang murtad. Maka dari itu kami berpendapat untuk tidak memakan hewan semblihan mereka, kecuali kita bisa memastikan bahwa hewan terseb ut disemb lih secara syar’i.

Maka berdasarkan penjelasan diatas kami katakan, dilarang makan daging syubhat yang ada pada restoran non muslim karena proses penymblihan yang tidak syar’i.

Jadi lebih baik kalian makan daging hasil semblihan sendiri atau semb lihan sesama muislim atau ahlu kitab.

Wallahu a’lam

Fatwa terkini jilid 1, Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al jibrin

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s